Friday 27 January 2017

Tutorial Membuat Website dari nol(Tugas Pak Kholiq part 1)

Saya menulis artikel ini bermaksud untuk membantu kalian yg masih kebingungan, Hosting? Localhost? Domain? bagaimana membuat website dengan offline?
NB: saya tidak ingin kalian menganggap saya guru kalian, saya tetap teman kalian, tidak ada mastah,master,newbie,awam,dsb. semuanya belajar disini. sekali lagi, saya tidak bermaksud promosi blog, buat apa promosi. blog saya ini sekarang sifatnya sharing tutorial dan sekarang ini saya khususkan untuk TKJ 1-5.



Hosting menurut saya adalah suatu penyimpanan online sebuah situs web dan mengaksesnyapun online,
Sedangkan Localhost ialah penyimpanan situs web secara offline di harddisk dan dapat diakses secara offline.
udah gitu aja setau saya.
Domain? adalah sebuah alamat website misal www.rizaldywisnugroho.blogspot.com

Bagaimana Membuat Situs Web Offline/Localhost?
Berikut ini adalah tutorialnya:

1. Install XAMPP ( bagi yg belum cari di gugel yah :) )
2.  Download WordPress Link : https://wordpress.org/download/
3. Setelah itu, Extract-Here lalu copy file dalam folder wordpress di folder buatan mu sendiri misal         kita taruh di folder Aldy, lalu Aldy pindah ke installan xampp(C:/xampp/htdocs/(disini)
4. Buka XAMPP,lalu aktivekan Apache dan Mysql
Ikuti cara pemasangan Wodpress Offline/ localhost dibawah ya:
Ø Masuk ke Browser dan ketikkan localhost di address bar
Ø Setelah masuk dashbor pilih menu phpMyAdmin di pojok kanan atas
Ø Setelah masuk kedalam,create new database(lihat gambar)


Ø Setelah itu , klik tombol create
ØKetikkan Localhost/Aldy(atau folder yg anda buat)
Ø Lalu, Pilih Bahasa Kita, Bahasa Indonesia
Ø Stelah itu ada tulisan blablablablablabla……. Klik ‘Lets Go’
Ø Lalu, isikan formulir seperti gambar dibawah ini
KETERANGAN:
Username saya kok root? Ya,Karena itu default username
Password saya kok kosong? Password defaultnya juga kosong. Lalu ’Install Wordpresst’



Ø Login menggunakan username & Password seperti yg anda buat tadi yak..
dan .... Asyekkk Sudah clear, tinggal otak atik desain web



Untuk Tutorial Selanjutnya yaitu cara membuat Hosting dan cara impor website dari localhost ke hosting....
Saya pamit dulu, ada acara.. Wassalam......
Load disqus comments

0 comments